Pages

Selasa, 12 November 2013

CARA MEMBUAT SITEMAP.XML BLOGGER DI DOMAIN TLD

Postingan kali ini sengaja saja tulis berdasarkan pengalaman saat pertama kali saya mengganti subdomain .blogspot.com dengan nama domain TLD seperti blogbaca.com disalah satu penyedia jasa penyewaan nama domain. Setelah memiliki nama domain TLD sendiri, awalnya proses penggantian nama domain tersebut berhasil dan berjalan dengan lancar tanpa saya mendapati sedikitpun kendala yang dapat mempengaruhi kualitas situs blog yang saya kelola dimata search engine. Namun setelah beberapa hari menggunakan nama domain TLD sendiri, dan merasa bahwa semuanya sudah berjalan dengan baik, maka saya coba melakukan pemeriksaan terhadap optimalisasi domain baru tersebut kebeberapa situs penyedia jasa pemeriksaan kekuatan SEO sebuah situs yang saat ini sudah sangat banyak kita temukan di google. Diantaranya seperti yang juga sudah pernah saya tuliskan diblog ini, yaitu pada artikel 

Dari pemeriksaan itulah akhirnya saya menemukan sebuah masalah yang menurut saya permasalahan tersebut sangat berpengaruh terhadap kualitas situs blog yang saya kelola. Yaitu masalahnya terletak pada pembuatan /sitemap.xml, Karena merasa penasaran saya pun langsung menguji apakah memang benar sitemap.xml situs blog saya mengalami masalah dengan mengetikan www.namadomain.com/sitemap.xml pada addres bar web browser. Dan ternyata memang benar saja, ternyata sitemap.xml situs blog saya tidak ditemukan, tetapi apabila saya mengetikan www.namadomain.com/atom.xml atau /feeds/posts/default. Akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan peta situs /atom.xml dan /feeds/posts/default saja pada webmaster google dan bing. Setelah itu saya coba lagi untuk memeriksa peta situs blog saya di situs layanan untuk memeriksa kekuatan SEO, ternyata hasilnya masih error juga, karena memang pada saat itu saya tidak melakukan perbaikan apa-apa terhadap peta situs /sitemap.xml blog saya. Hal ini tentunya akan berakibat buruk terhadap kualitas situs blog yang akan saya kelola kedepan nanti.

Setelah mencari cara bagaimana untuk memperbaiki peta situs /sitemap.xml, akhirnya saya menemukan cara untuk membuat sitemap.xml di domain TLD yang memang sebagian besar akan mengalami hal serupa seperti yang telah saya alami. Akhirnya upaya perbaikan peta situs /sitemap.xml berhasil dan sudah dapat di indeks tanpa adanya error/masalah lagi.

Bila anda pernah mengalami hal serupa, jangan khawatir. Karena sebenarnya cara membuat sitemap.xml blogger di domain TLD sangatlah mudah dan akan saya beritahukan caranya pada postingan kali ini. Lalu bagaimana caranya? Berikut cara memperbaiki atau cara membuat sitemap.xml blogger di domain TLD.

Langkah 1
Silahkan uji terlebih dahulu peta situs mana yang tidak mengalami error di situs anda. Cara untuk mengetahuinya yaitu dengan mengetikan salah satu peta situs pada addres bar web browser seperti : 

www.namadomain.com/atom.xml
www.namadomain.com/feeds/posts/default atau peta situs lainya.

Silahkan ganti nama domain dengan domain TLD milik anda, jika berhasilnya nantinya pada halaman web browser akan tampil feed situs blog anda. Setelah mendapatkan peta situs mana yang berada dalam kedaan baik. Pilihlah salah satu peta situs saja untuk mengalihkan peta situs sitemap.xml.

Langkah 2
Silahkan masuk ke dasbor blogger anda. Pastikan bahwa tampilan dasbor anda sudah di atur dengan tampilan bahasa indonesia, karena pada tutorial kali ini saya menjelaskanya dengan akun blogger dengan dasbor tampilan bahasa indonesia, sehingga ini akan lebih mempermudah anda untuk mengikuti tutorial yang akan saya berikan.

Setelah masuk ke dasbor akun blogger anda, silahkan klik Setelan >> Preferensi Penelusuran >> Lalu pada Kesalahan dan Pengalihan, klik edit pada Pengalihan Khusus.

Langkah 3
Beri centang pada menu Pengalihan Khusus, lalu pada kotak Dari : (silahkan isi dengan /sitemap.xml) sedangkan pada kotak Kepada : (silahkan isi dengan peta situs blog anda yang berada dalam keadaan baik, misalnya pada tutorial kali ini saya menggunakan peta situs /atom.xml), setelah itu beri centang lagi pada Permanen, lalu simpan dan selesai.

Langkah selanjutnya yaitu anda tinggal menguji apakah perbaikan peta situs yang sudah dilakukan tadi berhasil atau tidak dengan cara mengetikan www.nama_domain_anda.com/sitemap.xml, apabila berhasil nantinya akan muncul feed situs blog anda, tetapi apabila ternyata masih belum berhasil, silahkan ganti peta situs pengalihan dengan peta situs yang lainya, tentunya dengan peta situs yang benar-benar dalam keadaan baik atau tidak error.

Setelah berhasil, silahkan anda optimalisasikan ke webmaster tools agar situs blog yang anda kelola dapat di segera indeks dan muncul dihalaman search engine. Semoga saja tulisan kali ini bisa bermanfaat dan menjadi sebuah bacaan yang menarik untuk dibaca dan dapat menambah pengetahuan baca siapa saja yang membacanya.

Salam blogger dan selamat berblogging ria.

Wassalam...


Sumber Artikel : 

0 komentar: